• Version
  • Download 3
  • File Size 3.22 MB
  • File Count 1
  • Create Date September 1, 2019
  • Last Updated September 1, 2019

Penerapan Metode Tahfizh Quran Tematik (Tqt) Di SD ‘Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (Denok Ayu Adila)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Penerapan Metode Tahfizh Qur’an Tematik Di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang ” ini ditulis oleh Denok Ayu Adila, NIM. 2811133058, pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd.

Kata Kunci: Tahfidz al-Qur’an, Metode Tahfizh Qur’an Tematik (TQT)

Dalam perkembangannya, semakin banyak metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Qur’an. Satu diantaranya adalah metode Tahfizh Qur’an Tematik yang diterapkan di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode TQT ini tergolong metode menghafal Al-Qur’an baru. Karena menggunakan konsep tematik, maka cara menghafalnya adalah disesuaikan dengan tema yang ada. Motto dari metode TQT ini adalah “hafal dan paham”.

Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah; (1) Bagaimana penerapan metode Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) pada tahap pemilihan ayat di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (2) Bagaimana penerapan metode Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) pada tahap pemutaran film di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang (3) Bagaimana penerapan metode Tahfizh Qur’an Tematik (TQT) pada tahap menghapal di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Tujuan penelitian pada penulis skripsi ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Tahfidz Qur’an Tematik (TQT) pada tahap pemilihan ayat di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.(2) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Tahfidz Qur’an Tematik (TQT) pada tahap pemutaran film di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Tahfidz Qur’an Tematik (TQT) pada tahap menghapal di SD ‘Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah: reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing). Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, dan triangulasi sumber.

Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, hasil yang diperoleh adalah (1) Penerapan metode TQT pada tahap pemilihan ayat adalah dengan menerapkan konsep metode tafsir Maudhu’i (tematik) (2) Penerapan metode TQT di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada tahap pemutaran film ini diakukan setiap akan menghafalkan tema baru. (3) Penerapan metode TQT di SD Aisyiyah Kamila Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada tahap menghafal adalah, setiap harinya siswa menghafal maksimal dua ayat untuk ayat pendek, dan satu ayat untuk ayat yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *