• Version
  • Download 1
  • File Size 1.71 MB
  • File Count 1
  • Create Date September 5, 2019
  • Last Updated September 5, 2019

Penerapan Teori Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran TQT di Madrasah Diniyyah Bait al-Hikmah (Hadiyatu Rosyidah)

Skripsi dengan judul Penerapan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Quran Tematik (TQT) Di Madrasah Diniyah Bait Al-Hikmah Malang; Hadiyatu Rosyidah; NIM 201310010311093; Jurusan Tarbiyah; Fakultas Agama Islam; Universitas Muhammadiyah Malang.

Kata Kunci: Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence), metode, dan Tahfizh al-Quran Tematik (TQT)

Metode Tahfizh al-Quran Tematik (TQT) adalah sebuah metode menghafal Quran dengan cara mengumpulkan ayat-ayat dengan tema tertentu sehingga ayat yang dihafal dekat dengan dunia penghafal menjadikan setiap anak didik lebih mudah, cepat dan menyenangkan dalam menghafalkan serta memahami kandugan setiap ayat al-Quran. Metode ini menggunakan pendekatan multiple intelligences dan menyesuaikan dengan gaya belajar anak, yakni intrapersonal, visual, auditori, musikal, logis matematis dan kinestetik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang penerapan teori kecerdasan majemuk dalam pembelajaran Tahfizh Quran Tematik di Bait al-Hikmah Malang. Penerapan teori kecerdasan majemuk dikatakan ada ketika hasil proses pembelajaran TQT siswa memiliki perubahan karakteristik dan menemukan gaya belajar agar lebih mudah memahami setiap kandungan ayat al-Quran. Penelitian ini dapat berguna bagi penggagas, tutor, pengelola, dan bagi peneliti lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian adalah 3 informan yang merupakan penggagas dan 2 tutor, 3 wali santri serta 2 santriwati. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan model analisis data kualitatif deskriptif hal ini digunakan dengan pertimbangan bahwa metode ini mudah disesuaikan jika berhadapan dengan fakta atau kenyataan di lapangan serta mampu menghasilkan kedalaman informasi dan data yang dibutuhkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori kecerdasan majemuk dalam pembelajaran TQT ini memiliki pengaruh dalam menunjang perubahan karakter serta siswa mampu menemukan gaya belajar dalam proses pembelajaran TQT berlangsung. Berdasarkan dengan hasil lapangan terkait metode pembelajaran yang mendukung dan diterapkan TQT yang sangat beragam serta variatif. Maka, temuan analisis terhadap proses hasil penerapan teori kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dalam pembelajaran Tahfizh Quran Tematik memiliki keseuaian dengan hasil lapangan yakni adanya perubahan karakter, prestasi akademisi, dan gaya belajar anak sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran menghafal al-Quran dengan menggunakan metode TQT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *